Akhir Pekan Seru Di Pusat Pelatihan Gajah Minas

Kalau di Pekanbaru ini kadang suka bingung pas weekend mau jalan kemana. Masa tiap minggu ke mall terus, yang ada malah bikin dompet makin tipis karena dorongan lapar mata….:-)) *inimah saya kali ya..

Buat yang ingin akhir pekan yang beda sebenarnya banyak tempat yang bisa dikunjungi. Tapi ya harus keluar dari Kota Pekanbaru dulu. Nggak musti jauh-jauh sampai ke Sumatera Barat juga ya..hahaha

Seperti dipostingan sebelumnya kita pernah jalan-jalan ke Kebun Binatang Kasang Kulim 
Seru juga kok…

Beberapa minggu lalu saya dan teman-teman plus keluarga masing-masing jalan-jalan ke Pusat Konservasi Gajah atau yang juga dikenal Pusat Pelatihan Gajah (PLG) yang berada di Minas, Kabupaten Siak. Pusat pelatihan gajah ini ada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim. Berada dibawah pengawasan Kementerian kehutanan, Dirjen perlindungan hutan dan konservasi alam, serta Balai Besar Konservasi sumber daya alam Riau…

Perjalanan menuju lokasi pusat pelatihan gajah ini juga gampang kok. Dari Pekanbaru sekitar 1 jam lebihlah sampai di lokasi. Kalau kita dari Pekanbaru nanti melewati Simpang Perawang, nah sekitar 1 kilometer dari simpang Perawang ini di sisi kiri jalan ada jalan masuk dan plang bertuliskan Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Minas. Dari jalan masuk itu teruuus saja ikuti petunjuk jalan. Nanti ketemu plang lagi saat masuk ke area PLG-nya.

Lalu sampai disana bisa ngapain aja? Banyaaakk…kita bisa melihat aktivitas para gajah. Disana kalau tidak salah ada 20an ekor gajah terlatih. Biasanya yang datang ke sini rombongan anak sekolahan atau instansi-instansi.

Kania seneng banget bisa ketemu gajah dan melihat aktivitasnya. Kayak mandi, makan, main.

image

Pawangnya lagi memandikan gajah

Yang paling seru itu kita bisa naik ke atas punggung gajah dan berkeliling di hutan. Kami bertiga, saya, suami dan pastinya Kania nggak mau ketinggalan. Kita naik gajah bertiga..!!!!

image

Gajah yang kita tumpangi namanya Ngatini, usianya 17 tahun, gajah betina. Ada lagi gajah yang ditumpangi teman namanya Robin, gajah jantan lengkap dengan gadingnya.

Jadi gimana rasanya naik gajah?
SERUUU…!!!!

Awalnya sih takut ya, lihat gajah sebesar itu lalu dudud di punggungnya. Setidaknya 30 menit jalan-jalan masuk hutan, menyebrangi sungai kecil, masuk lumpur bersama gajah.. Seru deh pokoknya.

image

Kania saja saja suka, padahal usianya baru 2 tahun. Selama perjalanan  dia nyanyi, berhitung, megang kupingnya gajah. Semangat sekali melongokkan kepalanya ke depan. Soalnya Kania duduk di antara pawang dan papanya. Jadi nggak terlalu keliatan pemandangan di depannya.

Setelah puas berkeliling dengan gajah, sambil istirahat Kania kasih makan gajahnya. Dia kasih makan sampai berkali-kali karena sukanya…:-)))

Akhir pekan yang menyenangkan. Dapat pengalaman baru dan bisa kasih edukasi pada anak- anak. Betapa pentingnya kita menjaga, memelihara, menghargai dan melestarikan alam.

image

Foto keluarga bersama Robin si gajah

Apalagi di Riau ini kasus konflik antara gajah dan manusia sering banget terjadi. Pemukiman warga yang dimasuki gajah, warga terinjak gajah dan bahkan gajah mati akibat ulah manusia lalu kemudian gadingnya di ambil. Konflik ini terjadi karena ketidakseimbangan ekosistem. Lha wong hutan alam dibuka untuk lahan perkebunan yang membuat mereka kehilangan habitat aslinya…miris bukan..

Jadi sudah punya agenda apa untuk akhir pekan ini? Ke mall lagi?? :-p

Iklan

5 thoughts on “Akhir Pekan Seru Di Pusat Pelatihan Gajah Minas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s