Jerawat Yang Bikin Sebel

Jerawat pastinya pada tahu dong ya? Jerawat pastinya selalu bikin sebel. Apalagi klo ada di wajah yang pastinya akan mengganggu penampilan.
Yang bikin sebel saya kali ini bukan karena jerawat yang muncul di muka wajah cantik saya ini. Tapi jerawat yang muncul di puting payudara saya.

Bagi ibu-ibu yang tengah menyusui buah hatinya mungkin pernah mengalami hal ini. Jerawat yang dimaksud bukan seperti jerawat yang ada di wajah. Bentuknya seperti bintil jerawat berwarna putih. Kalau disusui rasanya sakit dan perih sekali. Belum lagi payudara jadi bengkak karena salurannya tersumbat.

Si “jerawat” ini namanya Milk Blister.

Seperti yang saya baca dari ini dan juga dari twitter @aimi, penyebabnya karena puting lecet dan penyumbatan saluran ASI. Biasanya karena pelekatan yang tidak baik saat menyusui atau bayi tongue tied.

Kalau yang saya alami sepertinya karena pelekatan menyusui yang tidak baik. Soalnya  si kecil saya Kania (20 bulan) menyusui suka akrobatik. Putar sana putar sini. Bahkan sampe posisinya tiduran di atas badan saya tapi mulutnya ga lepas menyusui. Kebayang ga tuh? X_X kadang menyusui sampai ditarik sana sini.

Cara mengatasinya ya kompres payudara dengan air hangat dan dibersihkan bintil putihnya. Saya sih coba pencet dengan washlap dan bantuan tangan. Katanya bisa direndam dengan air hangat tambah garam juga.

Perih banget, tapi kalau nggak gitu bakal makin sakit. Tapi PD-nya tetap disusui. Siap- siap menahan sakit deh. Kalau nggak disusui ntar makin bengkak. Tetap disusuin juga akan sangat membantu.

Menyusui itu tantangannya berat sekali memang. Tapi karena sudah keinginan untuk memberikan hak anak menyusui hingga 2 tahun, tantangan ini harus dihadapi dan diatasi. Sekarang sudah banyak info dan bacaan. Bahkan bisa ikut kelas edukasi menyusui juga buat tambahan ilmu. Masih empat bulan lagi menuju S3 ASI.

Semoga lancar dan tercapai meski ga cumlaude…;-)