Memukaunya Fotografi Makro

Bagi yang hobi fotografi mungkin tak asing lagi dengan istilah fotografi makro. Bagi para penghobinya teknik foto makro bisa membuka cakrawala baru untuk dunia mini yang selama ini cuman terlihat sepintas saja. Misalnya, Lalat yang terlihat biasa saja, tampil gagah dan mempesona ketika terlihat jelas detil-detil bagian tubuhnya.

Bagaimana bisa memotret dengan melakukan pembesaran pada lensa untuk objek-objek yang mikro jadi tantangan tersendiri bagi penikmat fotografi. Kalau sudah lihat album2 teman di Facebook, paling betah lihatin albumnya bang Reza Fahlefi, hasil foto makronya keren2. Lalu dikenalkan dengan Suta Wijaya, yang juga anggota Komunitas Fotografi Pekanbaru (KFP), hasil fotonya juga tak kalah keren.

Ada kepuasan tersendiri bagi mereka jika berhasil memotret objek-objek mini hingga menghasilkan sebuah foto yang bicara.
“Pertama suka makro karena coba-coba fasilitas makro yg ada di kamera pocket. Terus nggak puas, ternyata ukuran objek lalat hanya terlihat 5 persen dari keseluruhan hasil jepret. Penasaran gimana caranya, dari situ mulai browsing dan ketemu dengan teman-teman yang punya hobi sama dan mulai coba-coba motret,”ungkap Reza.

makro karya bang reza

hasil karyanya bang Reza lagi


Meski dengan peralatan yang terbatas Reza rajin mencari informasi bagaimana cara membuat fotomakro dengan peralatan sederhana dan dikerjakan sendiri. Bahkan ia pernah mencoba menggunakan elemen-elemen lensa yang sudah rusak. Lalu dimodifikasi sedemikian rupa dan dipasangkan didepan kamera poket digital. Terakhir ia pernah coba pakai lensa optic CD room yg sudah rusak.
“Lumayanlah buat menikmati dunia kecil dengan peralatan seadanya dan hasil pun nggak beda-beda jauh,”tambahnya.

Suta Wijaya mengungkapkan untuk memotret objek- objek makro ia harus rela sampai kotor-kotor, motret hingga sampai nungging-nungging dan bahkan digigit serangga. Ia sering hunting objek-objek makro ke hutan atau lingkungan sekitar rumahnya.
“Sekarang lagi buat akuarium mini gitu. Jadi studio mininya, jadi lebih mudah nanti untuk motretnya,”jelas Suta.

Ia mengaku mempelajari foto makro ini secara ototidak. Karena penasaran ia coba cari referensi dan mulai mempraktikkannya. Bergabung dengan komunitas fotografi baik online maupun offline banyak memberikan masukan dan tambahan pengetahuan baginya.
“Seru aja sih, bisa motret yang tidak bisa dilihat dengan cara biasa,”ungkap cowok yang sudah tertarik foto makro sejak tahun 2007 ini.

foto makro karya suta

suta in action

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ia pun melengkapi peralatannya. Khususnya lensa-lensa makro. Tak hanya soal teknik ia juga mempelajari tentang berbagai macam serangga. Baik itu jenisnya hingga dimana dan kapan serangga itu muncul. Hal ini sangat memudahkannya untuk menemukan serangga yang akan difoto.
“Lagi pengen nyari robber fly. Seranggan yang pemakan serangga. Hasil-hasil fotonya biasanya dikumpulkan. Kalau pas dikumpulkan itu rasanya puas,”tambahnya

Waah…keren2 banget deh hasil karya mereka. Sementara aku baru bisa motret makro yang kayak begini 😐

foto by me 😀

Masih kalah jauuuuhhh….mari belajar lagiii…cemungudh eaaaa….#halah eh ini termasuk makro ga sih? LOL

Sile yang mau lihat karya2 mereka bisa ke deviantartnya bang Reza, dan tumblrnya Suta…:D

PS: Iya tau, kalau sebagian postingan ini dari hasil liputan

Gaya Dengan Tatto Henna

Henna, inai atau juga yang dikenal dengan nama pacar bukan hal yang asing lagi di kalangan masyarakat. Henna ini sering diaplikasikan pada tangan dan kaki perempuan saat mempersiapkan acara pernikahan. Kini seiring berjalannya waktu,tren tato henna mulai dilirik oleh masyarakat khususnya kawula muda.

Para penggemar tato tetap bisa menikmati keindahan tato tanpa merasakan sakit terkena jarum seperti saat menggunakan tato permanen atau tato temporer. Begitu juga halnya di Pekanbaru, beberapa kalangan anak muda, memilih tato henna sebagai penunjang penampilan.

Regina Chalid, Henna Designer dari Sahira Henna Pekanbaru mengungkapkan sejak tahun lalu tren henna di Pekanbaru sudah menunjukkan perkembangannya. Dulunya henna hanya diaplikasikan pada acara-acara tertentu, berbeda dengan sekarang. Anak-anak muda mulai menggunakan tato henna untuk gaya dan sekedar untuk fun.
“Untuk motifnya kini juga sudah mulai berkembang. Tidak hanya garis atau bunga. Beberapa ada juga yang ingin motif kartun atau anime,” jelas Regina.

Umumnya tato henna digunakan di tangan dan lengan. Namun tak jarang beberapa penggunanya menggunakan tatto henna di kaki, bahu dan beberapa bagian tubuh lainnya. Dengan henna beberapa orang beranggapan tetap bisa tampil fun dengan gaya yang unik dengan mudah.

Okta misalnya, mahasiswa Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Ia termasuk satu diantara anak muda penggemar tato henna. Selain bisa untuk gaya, menggunakan tato henna juga tidak membuatnya kesulitan untuk beribadah. Tidak seperti menggunakan tato permanen.
“Kalau pakai henna kan masih bisa dibawa sholat. Kalau mau ganti-ganti motifnya juga gampang, karena mudah dibersihkan juga,”ungkapnya.

Tato Henna mempunyai warna dasar seperti orange, coklat dan hitam. Kini tato henna juga bisa dimodifikasi dengan gliter. Biasanya penambahan gliter ini digunakan bagi mereka yang ingin lebih mewah. Terkadang juga digunakan bagi anak-anak muda dalam acara tertentu. Seperti untuk tampil di panggung atau beberapa acara lainnya. Henna ini tahan dikulit satu hingga tiga minggu. Tergantung jenis kulit seseorang. Agar henna tahan lama sebanyak jangan terkena body lotion dan juga sabun.

Untuk harga, Regina menjelaskan cukup bervariasi. Tergantung motif dan kesulitan pengerjaannya. Tato henna untuk fun bisa didapat dengan harga mulai Rp 20 ribuan hingga Rp 100 ribu. Sedangkan untuk acara wedding harga mulai Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.

Kalau tertarik boleh juga nih dicoba…;)

Jodoh Dan Rezeki dari Allah

Whuaaa….Udah lama banget ga posting, bahkan arsip pun tidak terselamatnya. Maap ya Allah, kadang sudah di depan laptop dan sudah punya rencana mo posting soal apa, tapiiii giliran mo di tulis malesnya kumat…X_X

Sebulan ini banyak banget padahal yang mau diceritakan. Mulai dijabarin di sini aja kali yaaa…:D Baca lebih lanjut