Mata Juga Butuh Istirahat

Mata adalah satu dari bagian tubuh yang bisa dikatakan sebagai suatu asey berharga bagi setiap manusia. Dengan mata kita bisa melihat berbagai hal, mulai dari hal-hal yang baik hingga yang terburuk sekalipun.

Belakangan ini, aku sering merasa ada yang tidak beres dengan mataku. Terlebih lagi saat malam hari mengendarai motor pada perjalanan pulang dari kantor. Mata terasa perih terkena sinar lampu kendaraan lainnya..ppfttt…Belum lagi di kantor setiap hari mata selalu berhadapan dengan layar komputer. ist2_1704242-computer-problems

fiiuhh..mata bener2 lelah deh.  Ga mau mengalami hal yang sama??

Diingat-ingat lagi, ternyata waktu masih di desk mingguan dulu pernah nulis tentang penyebab mata lelah. Menurut Spesialis Mata Dr H Efhandi Nukman SpM, mata punya kekuatan tersendiri dalam bekerja. Namun, kekuatan itu bersifat relatif, bergantung aktivitas seseorang. “Namun sebaiknya, jangan melewati ambang batas kerja. Karena bekerja berat, mempercepat reaksi kelelahan mata,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, mata normal bisa melihat ke titik yang tidak terhingga. Pada saat di depan layar komputer maupun televisi mata dipaksa untuk melihat secara dekat dalam jangka waktu yang lama. Kondisi tersebut menyebabkan lensa mata menjadi kaku.

Mata mengalami penguapan berlebihan sehingga kering jika digunakan terus-menerus untuk menatap monitor komputer, televisi yang dikenal dengan sebutan video display terminal (VDT). Bisa juga dikarenakan membaca dengan frekuensi mengedip rendah. Air condition (AC), udara panas dan kering serta asap rokok memperberat mata kering.

Dampak negatif pemakaian komputer yang ekstensif bagi kesehatan adalah gangguan mata yang disebut sebagai computer vision syndrome (CVS). Gejalanya meliputi mata lelah, mata terasa kering, berpasir, atau terasa berat, penglihatan buram, yang dapat disertai sakit kepala (terutama daerah dahi dan bagian kanan atau kiri kepala), nyeri otot leher, dan punggung.

Untuk mengatasi mata lelah dapat dilakukan lubrikasi mata dengan berbagai obat tetes air mata buatan (artificial tears). Selain itu juga perlu diperhatikan, sumber cahaya ruangan dapat ditempatkan jauh dari layar komputer, memberikan tirai pada jendela atau memberikan filter antisilau (antiglare filters) pada layar komputer. Posisi monitor komputer ditempatkan sedemikian rupa sehingga pekerja mencapai posisi ergonomis yang baik.

Ia juga menjelaskan, kondisi ini tidak hanya perlu diperhatikan oleh orang dewasa terutama para pekerja kantor. Para orangtua juga harus memperhatikan anak-anakanya. Terutama anak-anak yang hobi menonton ataupun berbagai game di komputer ataupun playstation.

“Yang terpenting istirahatlah secara berkala saat menggunakan komputer, terutama setelah satu hingga lima jam bekerja terus-menerus, guna merelaksasi akomodasi mata,” jelas Dr H Efhandi Nukman SpM.

Iklan

9 thoughts on “Mata Juga Butuh Istirahat

  1. sesri berkata:

    hehehe..bener banget mas Dede, tidur emang waktu yang paling tepat buat istirahat mata. tapi, saat masih dalam kondisi kerja, boleh juga tuh istirahatkan matanya sejenak…;)

    terima kasih sudah berkunjung ya..sering2 mampir…:D

  2. Maryo berkata:

    tips ne mbak..usahakan tiap 1jam sekali gosokkan kedua telapak tangan samapai terasa panas lalu tempelkan masing2 masing telapak tanga ke kelopak mata sambil mata terpejam…lakukan selama 5 menit
    mudah2an matanya ga cepat lelah…

  3. bundadontworry berkata:

    setelah mata lelah ‘melototin’ monitor komputer,
    cobalah utk mengistirahatkan mata dengan melihat dedaunan yg berwarna hijau.
    ngak perlu lama2 cukup 15menit saja.
    salam.

  4. dadank saepudin berkata:

    mata saya sering perih ktika melihat kompter, krena pemakaian saya smpei 15 jam, dan sudah 4 bulan mengalami sakit kepala. klo teman ada yang tau bgai mana solusinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s