Tubuh Anda Sudah Ideal??

Berat badan seseorang erat sekali dengan kesehatan. Tidak hanya itu, berat badan juga berkaitan dengan penampilan. Semua orang, khususnya para wanita pasti  menginginkan berat badan yg normal. Berbagai usaha pasti dilakukan untuk mengontrol berat badan.

Seperti aku sendiri. .Dari jamannya SD sampe kuliah, selalu aja ga pede apa berat badan sendiri. Secara semua orang bilang aku KURUS. Selama kuliah aja berat badanku cuma berkisar antara 42 kg, 43 kg paling tinggi itu cuma 45 kg. ntu angka2 di timbangan ga pernah mau bersahabat dan ga mau lewat dari batas 45 kg….timbang

Ledekin dan segala macam julukan terpaksa aku terima dengan hati yang lapang. Klo jaman SMP ada teman yang manggil aku tulang karena sangkin kurusnya kali. Tapi, klo aku sih santai2 aja. Selagi lom ada yang menjauhi dan ga mau temenan karena aku kurus sih ga masalah. (ini motto-ku sejak SMP, buat nyenengin hati..huehehehe).

Tapi beberapa minggu belakangan ini, aku meresa ga begitu lagi. Sejak ketemu beberapa teman lama yang berkomentar begini, “Eh, Ses ternyata kamu bisa gemukan juga ya,”…

Heh? komentar yang aneh menurutku. Kenapa ga aneh, ada teman deketku jaman kuliah yang juga protes. “dari dulu kamu kok ga gemuk2 ya?” Waduhh..jadi pusing sendiri yang bener aku nih gemukan apa kurusan ya sekarang????

Di rudung rasa penasaran, aku langsung nyari2 timbangan. Pusing juga nyari dimana. Kebetulan,w aktu ke Duri n lagi di rumah kakak liat ada timbangan. Langsung deh berdiri dengan manis.. Omaigod…ya nyangka sama sekali. Lihat sodara2., jarumnya ada di angka 50 .

ckckckckck..bener2 ga nyangka deh rekor terbaik selama 25 tahun….

Tiba-tiba jadi ingat hasil wawancaraku dengan Dr Ruswaldi Munis SpKO, waktu masih mengisi rubrik Health di Tribun Pekanbaru. Dr Ruswaldi malah sempat meledekku karena berat badanku ga ideal dengan tinggi badan. Dia saranin, rajin2 olahraga Ses. Jangan cuma bisanya makan doang..uppsss…Tapi, ya tetap aja olahraganya masih males. paling olahraganya cuma naik turun tangga ajah…hihihihi

Kali ini aku mau berbagi  cara untuk mengetahui komposisi tubuh kita. Mo tau cara ngitung cara menghitung berat badan ideal?

Dalam dunia kesehatan dikenal penghitungan dengan metode Indeks Massa Tubuh  (IMT) atau Body Mass Index (BMI).  Satuan IMT inilah yang kemudian menjadi pengukur ideal atau tidaknya berat tubuh seseorang.

Rumus menentukan IMT :

berat badan
———————————–   = IMT
tinggi badan X tinggi badan (m)

Kategori IMT

1. IMT < 17,0: keadaan orang tersebut disebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat berat atau Kurang Energi Kronis (KEK) berat.

2. IMT 17,0 – 18,4: keadaan orang tersebut disebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat ringan atau KEK ringan.

3. IMT 18,5 – 25,0 : keadaan orang tersebut termasuk kategori normal.

4. IMT 25,1 – 27,0 : keadaan orang tersebut disebut gemuk dengan kelebihan berat badan tingkat ringan.

5. IMT > 27,0 : keadaan orang tersebut disebut gemuk dengan kelebihan berat badan tingkat berat

Contoh :

Tinggi badan 165 cm, mempunyai berat badan 51 kg.

5o
——————– = 18,3
(1,65 X 1,65) m

Klo dilihat dar i kategori IMT, aku  termasuk kategori berat badan tingkat ringan..wkekekeke..musti nambah lagi nih kayaknya biar normal..hehehee..

Gimana dengan berat badanmu?? Silahkan Mencoba……

PS : Jangan Lupa Berolahraga dan jaga kesehatan ya…

Iklan

8 thoughts on “Tubuh Anda Sudah Ideal??

  1. bang fiko berkata:

    Hmmm… kalo berat badan aku sih ideal… cuma berat perut yang gak ideal.. Lho perut kan bagian dari badan juga… Hehehehe…

  2. bundadontworry berkata:

    waaa….h saya jadi bingung ya.
    kayaknya udah nggak ideal lagi nih.
    overweight banget, tapi…….yg penting sehat
    ( kan sehat itu mahal lho).
    uni sekalian saya ”pajang” ya linknya di sidebar saya, terima kasih.
    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s