Puasa Ngomong….:(

Ehmm..Ehmm..dari kemarin tenggorokan gw sakit. susah nelen, susah ngomong. pokoknya susah deh. Kerasanya sih baru kemarin sore pas di kantor. Kok rasanya ada yang aneh gitu di tenggorokan…Ehmm..Ehmm ❓

Sebenarnya ga cuma tenggorokan sih yang sakit. Dah 4 hari ini gw flu, kepala sakit, ingusan, pokoknya ga banget deh. Keliatannya gw jorok malah. Idung jadi merah dan kering karena sering di pencet buat kosongan isinya..ppfftt..

Hari ini bertambah parah, tenggorokan gw rasanya sakit banget. Nelen air minum aja susah. Apalagi buat makan, padahal gw lagi laper banget pagi tadi..hiks ..bisa2 berat badan gw jadi turun lagi halah. ditambah lagi jadi puasa ngomong..:-(

Ampun deh ama sakitnya. Kebetulan hari ini Mba Wiek ada rencana mo ke Rumah Sakit Awal Bros. Lagi ada seminar Tea Time and Health disana. Ya udah, gw ikut biar sekalian bisa periksa ke dokter (klo gw ga takut)

Walaupun sering ketemu ama dokter-dokter dan ke rumah sakit, terus terang gw paling males berobat. Apalagi makan obat yang gedenya se biji jagung. Tapi, ya daripada gw nahan sakit terus terusan, beraniin juga periksa ke dokter.

Alhasil, setelah di periksa ternyata gw terkena Radang Tenggorokan . Kata dokter tenggorokan gw meradang n sampe merah gitu keliatannya.:(

Sepertinya sih memang penyakit “ringan”. Tapi kata dokter Roni (klo ga salah nama dokternya sih :D) Penyakit ini bisa mempengaruh organ sekitarnya.

Beberapa gejalanya susah nelen,  suhu tubuh meningkat, batuk, susah napas dan hidung tersumbat merupakan gejala umum yang kerap dirasakan kala tenggorokan meradang. Keluhan ini pastinya  mengganggu aktivitas gw sehari-hari. 😦

Keluhan ini dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah faring. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh dinding tenggorokan yang meradang dan amandel yang membengkak, penyebabnya bisa karena bakteri ataupun virus.

Kondisi ini juga dipengaruhi oleh imunitas tubuh. Baik bakteri ataupun virus yang masuk di dalam tubuh akan memengaruhi imunitas di dalam tubuh. Itu sebabnya, ketahanan tubuh menjadi faktor penting untuk menangkal segala “benda” asing yang masuk ke dalam tubuh.

Katanya sih, Gangguan radang tenggorokan lebih sering disebabkan virus dibandingkan bakteri. Namun, keduanya akan menimbulkan gejala yang sama. Hanya, yang disebabkan oleh bakteri akan menyebabkan rasa nyeri di bagian tenggorokan. Streptococcus disebut sebagai bakteri yang sering mengancam.

Pesan dokter ama gw tadi,  hal utama yang perlu diperhatikan adalah jangan mengabaikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Pada mereka yang alergi terhadap makanan atau minuman tertentu akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Makanan terlalu asam, terlalu panas atau dingin, makanan-makanan yang terlalu bergetah atau minuman dingin sebaiknya dihindari untuk mencegah iritasi berkelanjutan.

So, bagi yang ga mau kayak gw. hati-hati ama makanan yang dimakan. Jangan asal aja. Bisa aja ga cuma radang tenggorokan yang bakalan nyerang, kolesterol, sakit jantung, Diabetes, n macem-macem penyakit lainnya. Klo ga sekarang kita care ama kesehatan kita kapan lagi ya ga?? 😀

*thanks to Mba Wiek, Pak Edi na Kak Win yang dah nemenin berobat 😀

Iklan

6 thoughts on “Puasa Ngomong….:(

  1. taufikasmara berkata:

    Lagi atit ya? Camma…Hehehe… Kalo mo ikutan kopdar syaratnya harus bawa makanan minimal 25 porsi. Wakakakaka.. Becanda.. Ikuti terus infonya di sini

  2. sesri berkata:

    @Penyamun Blogger
    Makasih ya bang, dah mampir di gubuk kami ini..halah..:D

    @Regie
    Sakit tenggorokan mang menyiksa. alhamdulillah dah mulai sembuh nih..tenang aja, ntar pasti mampir kok kesana
    *lagi2 ke rumahnya Regie

    @Taufikasmara
    Waaahh..langsung dikunjungi pak ketua nih…:D
    Cuma 25 porsi ni pak? ahh..gampang tuh, tinggal rogoh kocek masing2 ajah..wkekekeke…peace…;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s