Semangat..

Sebenarnya buku ini sudah lama diberikan seseorang padaku. Menyemai Impian Meraih Sukses Mulia karangan Jamil Azzaini. Aku baru membacanya tadi malam. PAdahal buku itu sudah lama berada di tumpukan buku-bukuku lainnya. menyemai

Benar kata orang, menyesal itu selalu datang belakangan. Begitu juga halnya saat aku membaca buku tersebut. MENYESAL, kenapa baru sekarang aku bisa membacanya. MENYESAL tidak menyadari bagusnya buku itu.

Di buku itu, melalui cerita-cerita yang dituturkan dengan sangat menarik dan menyentuh kalbu oleh Jamil Azzaini, aku merasa bukan apa-apa. Bagi Jamil, sukses belaka tidaklah cukup.

Semangatku pun timbul setelah membaca hampir separoh dari buku itu (malam ini aku berusaha untuk menamatkannya). Begitu juga tak kala aku bertemu seorang teman. Masih dengan topik yang sama. Bagaimana bisa membangkitkan semangat dan berpikir positif dalam melakukan suatu hal.

Malam itu aku benar-benar tidur dengan perasaan yang penuh semangat. Semangat untuk beraktivas esok hari dan berusaha untuk meraih kesuksesan

Aku kembali teringat tentang “hiu-hiu kecil” yang ada dikisahkan Jamil Azzaini di bukunya.

Ia menceritakan bagaimana nelayan Jepang harus berinovasi agar ikan-ikan tangkapannya tetap segar dan berharga mahal. Di saat ikan mudah ditangkap di pinggir pantai Jepang, ikan-ikan itu bisa dijual di pasaran Jepang dalam kondisi segar bugar sehingga harganya pun mahal. Sebagai pecinta ikan mentah, rakyat Jepang amat menghargai kesegaran ikan. Namun, lama kelamaan, ikan makin sulit di dapat di pinggiran, sehingga nelayan mesti ke tengah laut untuk mendapatkannya. Sayang, makin jauh ke laut, makin jauh pula jarak pulang, sehingga ikan sudah tidak segar lagi ketika sampai ke pasar. Harga ikan pun jatuh.

Para nelayan mesti putar otak untuk menyiasatinya. Maka dilengkapilah kapal dengan pendingin agar ikan tetap segar. Tapi ternyata orang Jepang tak suka ikan beku. Harga jual tetap jatuh. Tak kehabisan akal, kapal mereka dilengkapi dengan tangki besar agar ikan tetap hidup sampai di pasar. Namun, karena tangkapan yang dimasukkan ke tangki banyak, ikan berdesak-desakan sehingga kurang gerak. Ternyata, daging ikan yang kurang gerak tidak seenak daging ikan lincah yang hidup di alam bebas. Maka, meski harga lebih bagus ketimbang ikan beku, tetaplah tidak semahal ikan tangkapan di tepi pantai.

Setelah putar otak, mereka dapat ide: Masukkan hiu-hiu ke dalam tangki tersebut. Memang, hiu kecil itu akan memakan sebagian ikan. Namun, kehadiran ikan pemakan ikan itu menimbulkan kekalutan di dalam tangki, ikan-ikan berlarian sekuat tenaga menghindari sergapan hiu.  Akibatnya, sesampai di pantai, ikan dalam kondisi segar, karena mereka terus bergerak lincah sepanjang perjalanan. Harga jual ikan pun kembali semahal harga ikan yang ditangkap di pinggir pantai.

Jamil mengungkapkan hiu-hiu itu bisa apa saja. Bisa berupa tantangan yang kita temui dalam kehidupan. Merekalah yang akan memaksa kita untuk bergerak lincah. Peliharalah mereka agar hidup kita lebih hidup dan bergairah.

Aku juga ingin memelihara hiu-hiu kecil itu. Aku juga ingin meraih sukses yang mulai itu. Waaaaaaa…….Semangat….Semangat…..Semangat..

Iklan

2 thoughts on “Semangat..

  1. Nug berkata:

    Isech…
    Gak usah ketemu hiu dilaut..
    Ketemu angjing herder galak juga aku pasti bukan hanya tiba2 bisa lincah.. tapi bisa kabur dan lari seperti juara sprint… Huahahaha..

    Apa kabar..? Tetap SEMANGAT yaa..!! 🙂

  2. sesri berkata:

    Aloha Pak Nug….

    Makasih ya dah mampir di marih..iyah nih jangankan hiu, anjing herder tetap bikin kita terbirit-birit..wkekekeke…

    Lagi mengumpulkan semangat nih Pak Nug. Pokoknya tiap hari musti semangat terus…Semangat….!!!!! 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s