Cegah Penyakit Dengan Cuci Tangan

“Sebelum kita makan, Dik, cuci tangan dahulu. Sebelum kita tidur, Dik, cuci kaki dahulu”. Nyanyian tersebut mungkin akan mengingatkan kita pada masa kecil. Saat  kita diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan. Satu di antarnya adalah cuci tangan. 

Perbuatan yang meski mudah, sepele dan tak memakan waktu lama ini nyatanya tak banyak dilakukan oleh anak-anak kita, bahkan orang dewasa. Terlebih ketika mereka hendak menyantap makanan. Akibatnya, kotoran yang mengandung kuman-kuman yang menempel di tangan mereka pun masuk mulut berbarengan dengan makanan yang dikunyah dan ditelan.

Dr Dini Noviarti menjelaskan mencuci tangan adalah kegiatan membersihkan bagian telapak, punggung tangan dan jari agar bersih dari kotoran dan membunuh kman penyebab penyakit yang merugikan kesehatan manusia serta membuat tangan menjadi harum baunya.

Banyak orang yang menyepelekan dan melupakan aktifitas mencuci tangan setelah melakukan suatu pekerjaan dan sebelum makan sehingga mereka beresiko terserang penyakit yang berasal dari kuman di tangan. “Dengan rajin mencuci tangan kita bisa terhindar dari berbagai penyakit,” jelasnya.

Mencuci tangan yang baik dan sehat membutuhkan beberapa peralatan sebagai berikut  Sabun atau antiseptik, air bersih dan Lap atau tisu kering bersih. Untuk hasil yang maksimal disarankan mencuci tangan dengan baik, tidak terburu-buru, serius dan teliti yaitu minimal dilakukan selama 20 detik.

Dengan melakukan pencucian tangan yang bersih dan teratur dapat menjauhkan kita dari virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit yang umumnya menyerang sistem pencernaan tubuh kita. Salah satu penyakit yang biasa diakibatkan oleh kuman yang ikut masuk ke dalam tubuh manusia bersama makanan adalah diare alias mencret. Selain di disebabkan oleh kuman penyakit, diare juga dapat ditimbulkan oleh kekurangan cairan tubuh alias dehidrasi (kurang minum).

Cuci tangan menjadi cara efektif mencegah penularan penyakit sebab kuman yang menempel di tangan menjadi salah satu mata rantai penularan penyakit. Pada kasus diare misalnya, kuman-kuman diare ikut keluar bersama kotoran atau feses dan mudah berpindah ke tangan saat penderita cebok. Bila sesudahnya ia tidak mencuci tangan dengan baik, kuman tersebut bisa berpindah ke benda-benda yang disentuhnya termasuk makanan dan minuman yang mungkin dikonsumsi juga oleh orang lain.

Cuci tangan efektif mencegah penyakit dengan catatan dilakukan secara benar. Syaratnya menggunakan air dan sabun antiseptik yang bisa membunuh kuman, dilakukan pada seluruh bagian telapak dan jari-jari tangan, serta menggunakan air yang mengalir. Cuci tangan sebaiknya dilakukan pada saat sebelum makan, sesudah beraktivitas dari luar, sebelum menghidangkan makanan, sesudah dari toilet/kamar mandi, dan sesudah memegang hewan.

Fakta tentang Cuci Tangan Pakai Sabun

1.Tangan adalah salah satu penghantar utama masuknya kuman penyakit ke tubuh manusia. Cuci tangan dengan sabun dapat menghambat masuknya kuman penyakit ke tubuh manusia melalui perantaraan tangan;

2.Tangan manusia yang kotor karena menyentuh feses mengandung kurang lebih 10 juta virus dan 1 juta bakteri;

3.Kuman penyakit seperti virus dan bakteri tidak dapat terlihat secara kasat mata sehingga sering diabaikan dan mudah masuk ke tubuh manusia;

4.Hampir semua orang mengerti pentingnya cuci tangan pakai sabun namun tidak membiasakan diri untuk melakukannya dengan benar pada saat yang penting

Waktu Penting Cuci Tangan Pakai Sabun

1. Sebelum makan;

2. Sesudah buang air besar;

3. Sebelum memegang bayi;

4. Sesudah menceboki anak;

5. Sebelum menyiapkan makanan.

Proses Langkah / Tahap Mencuci Tangan Dengan Sabun Antiseptik Yang Baik :
1. Basahi sampai bersih dan rata tangan kita dengan air bersih yang mengalir.
2. Sabuni telapak tangan kita sampai berbusa secukupnya dengan sabun batang / cair yang dapat membunuh kuman.
3. Usap-usap kedua telapak tangan kita sampai rata.
4. Usap kedua bagian punggung tangan sampai merata.
5. Bersihkan jari dan kuku jari kita sampai bersih.
6. Bilas dengan air bersih yang mengalir sampai busa sabun tidak ada yang tersisa.
7. Lap tangan kita dengan lap tangan atau tisu yang bersih sampai kering. (ses/berbagai sumber)

Iklan

5 thoughts on “Cegah Penyakit Dengan Cuci Tangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s