Nikmatnya Es Cendol Pak Jenggot

Bagi warga Pekanbaru dan sekitarnya  Es Cendol Pak Jenggot mungkin hal yang sudah tidak asing lagi.  Anda mungkin akan langsung ingat Es Cendol yang terdapat di Jalan M Yamin Pekanbaru. Mendengarnya sana Anda mungkin sudah membayangkan nikmatnya es cendol dingin dengan rasa manis dari gula enau yang sangat nikmat.

Es Cendol yang satu ini memang tidak asing lagi masyarakat Pekanbaru karena sudah hadir sejak 20 tahun yang lalu. Es Cendol khas Pak Jenggot disajikan dengan cendol dari beras dipadukan dengan cendol yang terbuat dari sagu. Kedua cendol ini tersebut terasa sangat nikmat dengan tambahan kuah santan dengan rasa manis dari gula enau yang kental.

Untuk menambah keunikan rasanya, Pak Jenggot menambahkan daging buah durian. Tidak hanya itu, tidak hanya bisa menikmati isi cendolnya saja. Lidah Anda akan dimanjakan dengan tambahan tape ubi dan juga beras emping di dalamnya.
.”Usaha ini dimulai dengan berjualan berkeliling Kota Pekanbaru hingga akhirnya dapat tempat di sini,” ujar Pak Jenggot.

Racikan es cendol ini didapatnya saat bekerja sekitar tahun 1970-an saat berada di Medan. Ketika itu ia bekerja juga sebagai penjualan cendol dengan orang lain. Berbekal pengalaman itulah, ia juga mencoba peruntungannya dengan berjualan cendol di Pekanbaru.

Es sendol khas Pak Jenggot tersebut disajikan dengan Awalnya ia tidak menyadari jika es cendol buatannya tersebut disukai banyak orang.  “Saat itu ada pegawai Chevron yang beli es cendol saya dan bilang dengan rasa cendol yang enak ini kenapa tidak cari tempat saja,” ujarnya menirukan.

Perkataan tersebut seolah membangunkannya. Kenapa tidak mencari tempat kecil saja untuk berjualan. Sejak tahun 1993, ia pun mulai berjualan di Jalan M Yamin dan masyarakat Pekanbaru mengenal es cendol buatannya.
Terry, seorang pengunjung yang ditemui mengatakan, Es Cendol Pak Jenggot memang terasa berbeda dengan es cendol lain yang pernah diminumnya. Rasa manis yang benar-benar asli dari gula enau tersebut memberikan rasa yang berbeda. Begitu juga dengan emping yang terdapat dalam minuman tersebut. “Rasa manis dan emping ini yang membuat saya ketagihan,” jelasnya.

Jadi jika anda berkunjung ke Pekanbaru tidak ada salahnya mencoba kelezatan es cendol Pak Jenggot ini.

Iklan

One thought on “Nikmatnya Es Cendol Pak Jenggot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s