Bau Badan Tidak Hanya Disebabkan Keringat

Bau badan tidak sedap memang sering menganggu kita. Namun banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. “Yang pertama dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya,” ujar dr Rafles, pemilik Balai Pengobatan Arafah, Jalan Harapan Raya Pekanbaru.

Bau badan disebabkan oleh bakteri di bawah kulit yang bercampur dengan keringat. Bakteri tersebut nantinya akan mengeluarkan kotoran berupa bahan kimia alami yang menyebabkan bau tidak sedap. Bau tersebutlah yang kita kenal dengan bau badan (BB).

Ia menjelaskan, bau badan tidak hanya disebabkan oleh keringat yang berlebihan saja. Pola makan yang tidak bagus juga bisa menyebabkan bau badan. Ada beberapa makanan yang bisa memicu timbulnya bau badan jika kita mengkonsumsinya.

Di antaranya, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, makanan pedas juga makanan yang berminyak. “Hindari mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat,” ujarnya.

Penyakit yang yang diderita yang seseorang juga bisa menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Misalnya saja hepatitis, maag dan beberapa penyakit lainnya. Menurut dr Rafles, reaksi yang terjadi dalam tubuh ketika kita menderita suatu penyakit juga bisa menyebabkan bau badan.

Dr Rafles juga menambahkan, perubahan hormon dan faktor genetik juga bisa menyebabkan bau badan. Namun, faktor genetik dan hormon tidak selalu menjadi penyeban utama. Yang paling adalah dengan menjaga kebersihan badan. “Mandi secara teratur bisa mengurangi bau badan yang tidak sedap,” ujarnya.

Cara yang paling umum dalam mengatasi bau badan dengan menggunakan deodoran. Deodoran yang memberikan bau harum dan antirespirant bisa meminimalisir keringat yang berlebihan. Cara ini efektif untuk mereduksi keringat yang tak sedap. Bedak tabur juga sering digunakan untuk mengurangi produksi keringat. Bedak tabur bisa berfungsi sebagai penyerap keringat.

Bedak tabur juga bisa digunakan untuk mengurangi keringat penyebab bau badan. Namun terkadang ada yang merasa menggunakan bedak tabur tidak efektif. Bedak tabur menumpuk di ketiak. Hal ini nantinya malah bisa memicu bau badan.

Bau badan juga bisa diatasi dengan cara tradisional dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang bisa mengurangi produksi keringat. Banyak tumbuh-tumbuhan alami yang bisa dipergunakan.

Ia juga mengatakan, kunci utama dalam mengatasi bau badan adalah membersihkan badan. “Sebenarnya mandi secara teratur saja sudah bisa mengatasi bau badan tersebut,” jelasnya. Dalam mengatasi masalah bau badan, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya apa. Jika penyebab sudah diketahui, kita bisa dengan mudah mengatasinya. Bila bau badan masih setia menemani kita, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. (ses)

Iklan

5 thoughts on “Bau Badan Tidak Hanya Disebabkan Keringat

  1. sakainget berkata:

    BB? awalnya memang dari pola makan, trus merembet ke males mandi :mrgreen: pola makan yg salah bisa menyebabkan tingginya kadar asam dalam tubuh, sehingga ampe keringet2 nya pun berbau asam 😆

  2. nisa berkata:

    saya rasa mandi yang teratur,,n pola hidup yg sehat salah satu langkah awal agar tidak memicu bau badan yg tak sedap….., dan tidak dipunkiri juga untuk memakai deodorant shabis mandi n mencukur bulket secara berkala ^_^

  3. Wanita berkata:

    BB paling banyak disebabkan oleh keringat yang mengandung lemak dan protein sisa yang akan diurai oleh bakteri dipermukaan kulit menjadi asam. nah zat asam inilah yang menimbulkan bau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s